HomeNASIONALUsai Undian Nomor Urut, Siapa Unggul di Debat Capres Nanti? Forumterkininews.id

Usai Undian Nomor Urut, Siapa Unggul di Debat Capres Nanti? Forumterkininews.id

Published on

spot_img


Forunterkininews.id, Jakarta- Pengundian nomor urut capres-cawapres Pilpres 2024 baru saja digelar KPU, Selasa (14/11) malam. Hasilnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo- Mahfud MD nomor urut 3.

Sebelum memperoleh undian nomor urut, ketiga paslon telah terlebih dulu melewati sederet tahapan verifikasi pendaftaran oleh KPU. Yang berlangsung pada 18-25 Oktober 2023.

Ketiganya dinyatakan memenuhi ketentuan ambang batas presidensial (presidential threshold) dengan minimal perolehan suara sah secara nasional sebesar 25 persen.

KPU, juga menyatakan mereka lolos tahapan pemeriksaan kesehatan yang sebelumnya berlangsung di RSPAD Gatot Subroto.

Tahapan selanjutnya yang bakal berlangsung adalah masa kampanye Pilpres 2024. Namun, meski telah mendapat nomor urut, tiga paslon belum boleh berkampanye.  Karena masa kampanye baru mulai  pada 28 November 2023- 10 Februari 2024.

Sedangkan masa tenang berlangsung pada 11-13 Februari 2024. Sementara itu, hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Debat capres-cawapres

Sementara itu, salah satu tahapan Pilpres yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia adalah momen adu gagasan para kandidat lewat debat terbuka.

Debat ini biasanya disiarkan secara langsung melalui tayangan TV sehingga masyarakat bisa turut menyaksikan kandidat jagoannya beradu argumen dan gagasan.

Debat ini juga sekaligus menjadi pelengkap pesta demokrasi 5 tahunan di Indonesia.

KPU saat ini masih menggodok jadwal dan lokasi pasti pelaksanaan debat. Namun, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyebut debat akan berlangsung 5 kali.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. (Foto: Humas DKPP)

“Dasarnya masih sama yaitu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Debatnya dilakukan sebanyak 5 kali,” kata Hasyim di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Siapa lebih unggul?

Melihat sepak terjang para kandidat, bersamaan dengan situasi politik nasional saat ini, debat ketiga paslon diprediksi bakal sangat menarik.

”Debat pilpres tentunya akan menarik karena 2019 kita hanya punya 2 paslon. Sekarang ada 3 tentu lebih beragam,”ujar Komunikolog Nasional Dr. Emrus Sihombing kepada Forumterkininews.id, Selasa (14/11).

Kata Emrus, debat juga menjadi momen bagi masyarakat untuk melihat sifat asli para kandidat.

“Ketika debat nanti, akan kelihatan aslinya para kandidat ini. Yang emosional dan yang bijak akan kelihatan,”terangnya.

Untuk debat, Emrus sendiri memprediksi pasangan Ganjar-Mahfud akan lebih unggul dari 2 paslon lainnya.

“Saya berhipotesa perdebatan akan diunggulkan Ganjar-Mahfud. Kenapa? dari sepak terjang masing-masing sudah terlihat. Dan masyarakat tahu itu,”imbuhnya.

Saat debat antar capres nanti, lanjut Emrus, maka yang lebih menarik adalah debat Ganjar dan Anies. Karena dari keduanya akan muncul topik perdebatan yang menarik dan bisa menambah wawasan siapa pun yang menonton.

”Tapi kalau debat dengan Prabowo saya rasa tidak akan segreget itu.  Sedangkan kalau antar wapres sudah pasti Mahfud akan unggul dibanding Gibran dan Cak Imin,”tandasnya.

Selain diprediksi unggul saat debat nanti, Emrus juga mengatakan bahwa para swing voter dan undecided voter nantinya akan beralih dukungan ke Ganjar-Mahfud.

Ini lantaran mereka menyaksikan kapabilitas langsung paslon yang diusung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo tersebut.





Source link

Latest articles

Kesit Budi Handoyo Plt Ketua PWI Jaya

ASKARA --Kesit Budi Handoyo ditetapkan  menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Jaya. Sekretaris...

Tampilkan Atraksi Pesawat Hingga Reog Ponorogo, Peringatan Hari Armada Terpusat di Jakarta

ASKARA - Peringatan Hari Armada Republik Indonesia (RI) dilaksanakan di Komplek Satuan Koarmada...

More like this

Kesit Budi Handoyo Plt Ketua PWI Jaya

ASKARA --Kesit Budi Handoyo ditetapkan  menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Jaya. Sekretaris...