HomeNASIONALTerobosan Inovatif, Kemenkominfo Luncurkan E-book "Pemiludamaipedia"

Terobosan Inovatif, Kemenkominfo Luncurkan E-book “Pemiludamaipedia”

Published on

spot_img


ASKARA – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi langkah  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang baru saja meluncurkan buku elektronik (e-book) Pemiludamaipedia. 

“Ini sebuah langkah terobosan bagus dan inovatif yang di gagas oleh Kominfo sebagai konduktor komunisasi publik dalam memberikan literasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan pemilu 2024”, kata Guspardi, Selasa (5/12).

Menurut Guspardi, kehadiran e-book yang bisa diakses langsung dari gadget, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai sarana informasi untuk menambah wawasan dan pemahaman terkait pemilu. 

“Juga untuk memudahkan masyarakat memperoleh berbagai informasi Pemilu 2024 yang di butuhkan,” ujar Politisi PAN ini.

Guspardi menuturkan, e-book memuat informasi yang cukup lengkap. 

“Fiturnya sangat beragam mulai proses tahapan pemilu, profil parpol peserta pemilu 2024, profil capres dan cawapres, daftar calon legislatif mulai dari DPD RI, DPR RI, hingga DPRD provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia,” ungkap Guspardi.

Selain itu, lanjut Guspardi, masyarakat dapat mengecek apakah namanya sudah terdaftar dalam DPT dan menyertakan pula topik  pengecekan terkait berita hoaks tentang  pemilu sehingga masyarakat bisa terhindar dari informasi keliru dan simpang siur. 

“Masyarakat juga bisa segera  melaporkan berita yang terindikasi hoaks untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pihak terkait,” tutur Anggota Baleg DPR RI ini.

“Kemudian juga ada fitur berupa kanal chatbot “Ayo memilih”. Dimana setiap orang yang mengaksesnya dapat  berinteraksi secara langsung menanyakan berbagai hal terkait pemilu 2024,” sambung Guspardi.

Oleh karena itu, Legislator asal Dapil Banten 3 ini berharap, peluncuran e-book atau buku elektronik Pemiludamaipedia yang dapat diakses di  https://s.id/pemiludamaipedia bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan sekaligus pendidikan politik kepada masyarakat terkait berbagai hal mengenai pemilu. 

“Diharapkan masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tepat dan  turut mengambil peran menciptakan pelaksanaan pemilu damai demi menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024,” pungkas Guspardi Gaus.

Sebelumnya diberitakan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar (Kemenkominfo) secara resmi peluncuran buku elektronik Pemiludamaipedia di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2024).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkoinfo Usman Kansong mengatakan peluncuran buku elektronik ini sebagai suatu sarana menambah wawasan dan pemahaman terkait Pemilu serentak 2024.





Source link

Latest articles

More like this