HomeNewsLewat Program Ini, UMKM Bisa Pasarkan Produk ke Jepang

Lewat Program Ini, UMKM Bisa Pasarkan Produk ke Jepang

Published on

spot_img



Suara.com – UMKM kekinian menjadi penopang perekonomian, bahkan bisa tahan dalam setiap tantangan yang ada. Namun, UMKM tidak bisa berkembang, jika hanya tampil di dalam negeri.

Maka dari itu, Sahabat UMKM mendorong agar pelaku usaha bisa menampilkan produknya di pasar luar negeri.

“Jadi akan memicu kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan skill serta inovasi produk mereka agar mampu bersaing di pasar global,” ujar Ketua Umum Sahabat UMKM, Joanina RN, dalam konferensi pers, di Hotel All Season Jakarta, Senin (20/11/2023).

Agar bisa impian UMKM unjuk gigi di luar negeri berhasil, maka Sahabat UMKM menggelar program ‘EKSPLORASI’ Promosi & Business Matching Produk UMKM ke Pasar Global yang akan berlangsung di Nagoya, Jepang pada 26 November 2023. 

Misi dalam program ini hanya semata-mata untuk mengangkat dan mempromosikan produk UMKM ke pasar global.

Lewat EKSPLORASI diharapakan bisa memicu semangat dan daya saing UMKM Indonesia untuk berani ekspor ke pasar internasional, khususnya Jepang.

Sebelumnya, Sahabat UMKM juga bekerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan ANC Japan. MoU ini bertujuan tujuan agar produk pelaku UMKM Indonesia dapat mendapatkan peluang untuk masuk ke pasar Jepang.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tidak mudah untuk masuk pasar Jepang mengingat standardisasi produk yang beredar di Jepang sangatlah tinggi,” kata dia.

Untuk meningkatkan skill itu, Joanina berharap pelaku UMKM bisa memanfaatkan program EKSPLORASI di Jepang pada 26 November 2023 mendatang.

Nantinya, produk UMKM yang dibawa ketika business matching juga dipasarkan di jaringan milik ANC Japan.

Adapun, kegiatan EKSPLORASI Sahabat UMKM juga didukung oleh BUMN yang diantaranya PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero).

Program EKSPLORASI diharapkan juga bisa menjadi batu loncatan bagi komunitas yang menaungi pelaku UMKM agar terus dapat memberikan kontribusi nyata dan dampak positif pada perekonomian Indonesia.

“Juga untuk para pelaku UMKM agar ke depannya lebih banyak lagi yang mendapatkan kesempatan besar seperti ini untuk memperluas akses pasar mereka ke negara-negara lainnya,” imbuh Joanina.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengungkapkan, kontribusi UMKM terhadap perekonomian sangat besar, terutama pada sektor ketenagakerjaan.

“Saya senang dengar kegiatan Sahabat UMKM. Sebab UMKM adalah mitra strategis bagi pemerintah. Sahabat UMKM jadi sebuah lembaga yang berfungsi sebagai jembatan UMKM ke pasar di luar negeri, Jepang khususnya,” pungkas Moeldoko.



Source link

Latest articles

Kesit Budi Handoyo Plt Ketua PWI Jaya

ASKARA --Kesit Budi Handoyo ditetapkan  menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Jaya. Sekretaris...

More like this

Kesit Budi Handoyo Plt Ketua PWI Jaya

ASKARA --Kesit Budi Handoyo ditetapkan  menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Jaya. Sekretaris...